AMPG, AMPI dan IPM DIY Bahas Upaya Pemberantasan Klitih dan Pemenangan Afnan Hadikusumo- Ahmad Syauqi
AMPG, AMPI dan IPM DIY Bahas Upaya Pemberantasan Klitih dan Pemenangan Afnan Hadikusumo- Ahmad Syauqi

AMPG, AMPI dan IPM DIY Bahas Upaya Pemberantasan Klitih dan Pemenangan Afnan Hadikusumo- Ahmad Syauqi




JOGJAGRID.COM - Hubungan antara Partai Golkar DIY dengan ormas Muhammadiyah semakin harmonis dan kompak. 

Rabu (29/3) bertempat di Kantor DPD Partai Golkar DIY, Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, giliran unsur kepemudaan dari kedua organisasi besar tersebut bersilaturahmi dan menyamakan persepsi. 

Yaitu Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dari Partai Golkar DIY dengan Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) DIY.

Setidaknya ada dua isu utama yang menjadi perhatian AMPG, AMPI dan IPM DIY, yaitu mendukung langkah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan dalam pemberantasan kejahatan jalanan 'klitih'. 

Isu yang lain, komitmen menyukseskan kader Muhamadiyah yaitu Afnan Hadikusumo sebagai Calon Walikota Yogyakarta dan Ahmad Syauqi Soeratno sebagai Calon Anggota DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua DPD AMPG DIY sekaligus DPD AMPI DIY Syarif Guska Laksana menuturkan, melalui silaturahmi ini terbuka lebar pintu untuk berkolaborasi dengan IPM DIY di banyak bidang. Khusus dukungan terhadap pemenangan Afnan Hadikusumo dan Ahmad Syauqi Suratno, menurut Guska, baik AMPG, AMPI dan IPM masing-masing telah memiliki jejaring yang luas yang bisa saling menguatkan untuk pemenangan.

"Golkar DIY dan Muhammadiyah semakin kompak, giliran kami dari unsur kepemudaan menguatkan sinergitas itu dengan kerja keras dan fokus pada tujuan. Bagi teman-teman IPM yang tertarik berkecimpung dalam dunia politik bisa bergabung dengan kami AMPG maupun AMPI DIY. Berbagai program inovatif juga bisa kita jalankan bersama sebagai magnet bagi kalangan milenial," kata Guska kepada KR di sela silaturahmi.

Sedangkan komitmen untuk ikut berkontribusi dalam upaya pemberantasan kejahatan jalanan klitih, menurut Guska, bisa dilakukan dengan cara mengedukasi pelajar tentang bahaya klitih berikut hukuman pidana bagi pelaku klitih. Sehingga diharapkan pelajar menjauhi aktivitas yang bisa menyeret mereka ke dalam kejahatan jalanan. 

"Program edukasi dan pendampingan ke sekolah-sekolah bisa kita lakukan bersama IPM," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PW IPM DIY, Racha Julian C SIP mengatakan, dalam silaturahmi ini pihaknya menyampaikan program edukasi politik yang dikemas pengajian yang akan diselenggarakan di 5 kabupaten/kota di DIY dengan menggandeng Partai Golkar DIY. 

Selain itu, IPM yang masuk dalam tim pemenangan Afnan Hadikusumo dan Ahmad Syauqi Suranto sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan Partai Golkar DIY.

Sedangkan terkait kontribusi IPM DIY dalam upaya pemberantasan klitih, kata Racha, IPM DIY pada tahun 2018-2019 telah melakukan riset tentang klitih yang hasil riset tersebut telah dirilis pada tahun 2021.

Menurutnya riset tersebut menjadi pijakan dalam merancang program pemberantasan klitih berbasis data. "IPM terus berupaya menghadirkan kegiatan positif bagi pelajar agar tidak terjerat kejahatan jalanan. Kolaborasi dengan Golkar DIY termasuk AMPG dan AMPI akan membuat program tersebut berjalan efektif," katanya.

Ketua DPD Partai Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman menyambut baik silaturahmi dari IPM DIY. 

Gandung berpesan kepada generasi muda (kader AMPG, AMPI, IPM) bahwa untuk mencapai tujuan harus diimbangi dengan kerja keras, fokus dan mau berkorban. 

"Tantangan ke depan generasi muda harus melek politik. Dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang dimiliki, generasi musa harus bisa berkolaborasi memerangi kejahatan jalanan," katanya.

Terkait pemenangan dalam Pemilu 2024, kata Gandung, baik kader Partai Golkar, AMPG, AMPI dan IPM harus menerapkan politik totalitas. Karena kesuksesan hanya akan didapat oleh mereka yang siap untuk sukses. "Saya berharap setelah ini, akan ditindak lanjuti koordinasi antara AMPG, AMPI dan IPM mewujudkan simbiosis mutualisme dalam meraih tujuan bersama pada Pemilu 2024," katanya. (Dho/Ian)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.