Gandung Pardiman Ikut Senam Lansia Bersama 600 Warga Lansia di Yogyakarta
Gandung Pardiman Ikut Senam Lansia Bersama 600 Warga Lansia di Yogyakarta

Gandung Pardiman Ikut Senam Lansia Bersama 600 Warga Lansia di Yogyakarta


JOGJAGRID.COM  - "Dalam rangka mengambil peran dalam usaha preventif pada kesehatan lansia, maka Gerakan Perempuan Ormas MKGR DIY mengadakan senam Lansia. Senam ini diselenggarakan pada Minggu, 26 Februari 2023 pukul 07.00 – 09.30 wib, bertempat di Lapangan Minggiran Mantrijeron Yogyakarta. Peserta senam adalah Lansia Se Kota Yogyakarta dengan peserta 10 - 20  orang setiap kelurahan dari 45 kelurahan dengan total peserta sebanyak 600 orang. . Pada tahun 2020, penduduk lansia di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebesar 15,75%.

Novia Rukmi, selaku Ketua Gerakan Perempuan MKGR DIY menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan acara ini adalah membangun kepedulian terhadap lansia.  Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan serta angka harapan hidup para lansia. 

" Selain berguna bagi kesehatan fisik, senam lansia juga berguna bagi kebugaran mental, yaitu lansia akan merasakan kebahagiaan dan kegembiraan.  Senam lansia juga sering dilaksanakan secara berkelompok sehingga bisa memberikan perasaan aman dan nyaman pada lansia yang umumnya hidup dalam status ekonomi menengah kebawah," ungkap Novia saat ditemui disela - sela acara di Lapangan Minggiran Kota Yogyakarta.

Novi menambahkantTema Kegiatan Senam Lansia kali ini adalah "Lansiaku Sehat Jogjaku Tangguh".  Ketua Panitia acara ini, Suryantinah mengatakan bahwa jumlah lansia yang berkisar 10-15%  dari total populasi suatu wilayah sangat mempengaruhi tingkat kesehatan suatu wilayah.

" Tema tersebut sangat tepat dimana menggambarkan Jogja yang tangguh jika lansianya sehat. Untuk menambah kemeriahan acara dan kegembiraan para lansia, panitia menyediakan aneka hadiah menarik, antara lain sepeda, kompor gas, dispenser, setrika, blender, magic jar, dan banyak hadiah hiburan lainnya," terangnya.

Acara yang dihadiri oleh masyarakat lanjut usia dari seluruh kota Yogyakarta ini berlangsung meriah dalam cuaca yang sangat cerah dan sejuk. Sejak jam 6 pagi, masyarakat sudah hadir di tempat acara dan bersemangat menunggu acara dimulai.

Ketua DPD MKGR DIY yang juga anggota DPR RI fraksi Golkar  Gandung Pardiman  mengatakan bahwa MKGR DIY akan terus memberikan kontribusi bagi masyarakat karena Ormas MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong) adalah organisasi massa yang hidup di tengah rakyat, milik rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

" Panca moral MKGR (cinta, jujur, berani, musyawarah, dan kerja nyata) harus menjadi pedoman dalam pelaksanaan visi misi organisasi, termasuk salah satunya dalam penyelenggaraan acara Senam Lansia Se Kota Yogyakarta. Semoga Gerakan Perempuan MKGR DIY akan terus berkarya," tutur Gandung Pardiman.

Dalam sambutan tersebut Gandung juga menyampaikan bahwa dirinya terus menggeorakan gerakan " Ayo Mengaji " bagi semua pihak termasuk ibu - ibu. 

" Gerakan Ayo mengaji ini saya gelorakan karena adanya komentar miring soal ibu - ibu yang ikut pengajian. Ibu - ibu ikut pengajian sudah ada sejak dulu kala dan manfaatnya sudah dirasakan oleh para ibu - ibu tatkala mendidik anak. Jika ibu berakhlaq mulia maka anaknya pun akan menjadi anak baik dan berakhlak," pungkas Gandung Pardiman. (Dho/Ian)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.