Sapa Penggemar di Jogja, Pemeran Film Qorin Disambut Hangat
Sapa Penggemar di Jogja, Pemeran Film Qorin Disambut Hangat

Sapa Penggemar di Jogja, Pemeran Film Qorin Disambut Hangat


Suasana meet and great para pemeran film 'Qorin' dengan para fans di Pendopo Lawas, Yogyakarta, Minggu (4/12/2022) 

JOGJAGRID.COM - Film bergenre horor kembali hadir di layar bioskop Tanah Air. Kini film berjudul 'Qorin' yang disutradarai Ginanti Rona dan ditulis skenarionya oleh Laila Nurazizah yang siap meneror penonton.

Film yang dibintangi oleh Omar Daniel, Zulfa Maharani, Aghniny Haque, Naimma Aljufri, Cindy Nirmala, Putri Ayudya, dan Mahardika Yusuf sudah mulai tayang di bioskop. Sejak penayangannya tanggal 1 Desember, film ini telah ditonton ratusan ribu pasang mata.

Nah, yang membedakan film horor ini dengan yang lain adalah disisipkan unsur religi di dalamnya. Selain itu ada isu penting perempuan seperti women support women.

"Kita sih sangat senang sekali film kita diapresiasi banyak orang yang antusias dengan film horor Indonesia yang saat ini semakin meningkat secara kualitas dan story telling," kata sutradara, Ginanti Rona saat meet and great bersama fans di Pendopo Lawas, Yogyakarta, Minggu (4/12/2022) malam.

Secara sepintas alur cerita mencekam yang ada di film ini. Elemen-elemen horor yang segar dihadirkan, bahkan dari lagu permainan anak-anak yang dalam film ini digubah nuansanya menjadi menakutkan dan mistis. 

"Kita memang dalam film horor ada mengambil perspekof horor mitologi atau agama jadi kita mengambil perspektif agama," jelasnya.

Narasi mistis yang dekat dengan budaya masyarakat sepertinya masih menjadi formulasi yang menarik dalam genre horor Indonesia. Tak melulu mencekam, film Qorin juga akan mengangkat nilai-nilai dan isu terkait perempuan.

"Sebenarnya pesan yang ingin kita sampaikan adalah meningkatkan awarness orang-orang terhadap lembaga pendidikan yang aman dan saya rasa film Qorin dengan budaya pop ini penting untuk menyuarakan isu-isu. Seperti kekerasan seksual, membuat perempuan support perempuan lain," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pemeran film Qorin, Aghniny Haque, mengaku perlu banyak persiapan fisik dalam proses shooting.
"Tantangan untuk main horor ini di fisik. Belajar lagi, persiapannya kurang lebih 1 bulan, ada reading, belajar ngaji juga," ujar Aghniny.

Hal serupa juga dirasakan pemeran pria utama di film ini, Omar Daniel. Ini merupakan film horor pertamanya.

"Tantangannya, kita ada reading. Selain fisik persiapan mental. Cerita ini bukan cerota ringan. Bukan cerita hantu-hantuan aja ada pesan yang dimana kita memainkan itu ada persiapan mental juga, psikis. Kita juga lakukan survei," katanya.

Sekilas soal film 'Qorin' yakni menceritakan kisah Zahra Qurotun Aini, seorang siswi di asrama putri. Sudah hampir 6 tahun tinggal di asrama khusus putri, Zahra selalu menjadi siswi teladan yang memiliki segudang prestasi di sekolah. 

Zahra pun menjadi ambisius dan rela menuruti apapun perintah Ustad Jaelani, gurunya, demi mendapatkan nilai tinggi, termasuk menerima tugas untuk menjaga seorang siswi baru yang terkenal nakal bernama Yolanda dan mengajak para siswi melakukan ritual Qorin. 

Zahra tidak menyangka setelah menjalani kedua tugas itu, ia mulai mendapatkan teror dan sering mengalami hal-hal mistis di asrama putri. Kejanggalan tak hanya dialami oleh Zahra karena Umi Hana, istri Ustad Jaelani, pun menemukan keanehan-keanehan pada gelagat dan benda-benda yang disimpan oleh suaminya. (Cak/Rls)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.