Pemda Yogya Beberkan Soal Jadwal Rencana Pernikahan Kaesang- Erina
Pemda Yogya Beberkan Soal Jadwal Rencana Pernikahan Kaesang- Erina

Pemda Yogya Beberkan Soal Jadwal Rencana Pernikahan Kaesang- Erina




JOGJAGRID.COM : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya buka suara setelah menerima jadwal rencana prosesi pernikahan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudomo pada Desember 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji tak menampik jika prosesi akad nikah itu akan berlangsung di Yogya pada 10 Desember 2022.

"(Rangkaian) prosesi akad nikah itu nanti jadwalnya mulai tanggal 8 Desember dan puncaknya 10 Desember," kata Aji Minggu 27 November 2022.

Aji merinci pada 8 Desember, prosesi akan dimulai dengan menggelar semaan Alquran. Ini merupakan tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan Alquran yang dilakukan pihak keluarga calon mempelai di Yogyakarta.

Kemudian esok harinya, 9 Desember 2022, pihak keluarga calon mempelai akan melaksanakan prosesi pemasangan bleketepe dan malam midodareni. 

Bleketepe sendiri merupakan bagian ornamen dalam prosesi pernikahan adat di Jawa, berupa anyaman daun kelapa hijau yang dipasang mengelilingi area pernikahan sebelum prosesi siraman.

Untuk acara semaan Al Quran dan pemasangan bleketepe itu seluruhnya akan berlangsung di kediaman kekasih Kaesang, Erina Gudono di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

"Setelah pemasangan bleketepe dan sebagainya itu, pokok upacara akad nikah akan digelar 10 Desember 2022 mulai jam 12.00 WIB," kata Aji. 

Soal lokasi akad nikah sendiri Aji belum membeberkan apakah akan dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo Hotel atau tempat lain.

"Kami masih belum tahu apakah ini nanti ada perubahan atau tidak dalam rangkaiannya, yang jelas dari jadwal yang kami terima sementara seperti itu," kata dia.

Aji pun turut merespon adanya kabar bahwa dalam prosesi pernikahan itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bakal hadir menjadi saksi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Kalau Gubernur diundang pasti diundang, tapi apakah beliau akan menjadi saksi pernikahan itu atau, kami belum mendapat informasi," kata Aji.

Adapun untuk para pejabat negara yang akan hadir dalam prosesi pernikahan di Yogya itu, Aji mengatakan kemungkinan justru para pejabat akan hadir saat prosesi digelar di Solo Jawa Tengah.

"Kemungkinan para tamu pejabat akan lebih banyak saat acara ngunduh mantu di Solo," kata dia.

Adapun Kepala Bidang Humas Polda DI Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Yuliyanto menuturkan tengah mempersiapkan rencana rekayasa lalu lintas di sekitar venue akad pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Yogyakarta. 

"Rekayasa itu untuk mengantisipasi potensi kepadatan arus lalu lintas," kata Yuliyanto yang masih belum membeberkan lokasi pasti akad pernikahan itu digelar.

Hanya saja, kata Yuli, untuk hari pelaksanaan prosesi itu, sudah ada beberapa rencana rekayasa lalu lintas dipersiapkan kepolisian dengan melihat situasi di lapangan.

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.