Bikin Kerja Makin Nyaman, Ini Tips Memilih Kursi Kantor yang Ideal
Bikin Kerja Makin Nyaman, Ini Tips Memilih Kursi Kantor yang Ideal

Bikin Kerja Makin Nyaman, Ini Tips Memilih Kursi Kantor yang Ideal


JOGJAGRID.COM: Tak bisa dipungkiri, kenyamanan bekerja sangat memengaruhi produktivitas. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kenyamanan bekerja di kantor, salah satunya adalah kursi kantor yang digunakan. Makin nyaman kursi yang digunakan, nyatanya akan membuat kerja makin semangat dan lebih produktif.

Ada beberapa cara untuk memilih kursi kantor yang tepat. Mulai dari bentuk, ukuran, bahan, dan kualitasnya. Apalagi, saat ini ada banyak ukuran, fitur, dan bahan kursi kantor yang bisa kita temukan. Hal tersebut yang membuat Anda tak boleh sembarangan dalam memilih kursi kantor.

Tak hanya mengganggu produktivitas dan kenyamanan kerja, kesalahan dalam memilih kursi kantor juga dapat menyebabkan pegal, sakit punggung, dan sejumlah gangguan tulang lainnya. Khusus untuk Anda, berikut ini tips memilih kursi kantor yang tepat dan ideal agar kerja makin nyaman.

1.     Pilih Ukuran Kursi yang Sesuai

Ukuran kursi kantor yang sesuai akan membuat pekerjaan makin nyaman untuk dilakukan. Terlebih, kursi kantor yang berukuran tepat dapat membuat Anda tak mudah lelah. 

Untuk memilih ukuran, pastikan kursi kantor yang Anda beli dapat menjaga postur duduk yang baik saat bekerja, yaitu kaki tetap menapak di atas lantai. Secara matematis, jarak antara dudukan kursi kantor dengan lantai setidaknya harus berada di rentang 40 sampai 55 cm.

Untuk lebarnya, kursi kantor yang ideal memiliki lebar 40 sampai 60 cm atau lebih lebar dari pinggul Anda. Pastikan bahwa dudukan kursi tidak terasa sempit dan mampu menopang tubuh dengan baik. Hindari kursi kantor yang terlalu tegak atau terlalu landai karena dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan tubuh jika digunakan terus-terusan.

Namun, kini Anda tak perlu repot, karena Anda bisa memilih kursi kantor yang ketinggiannya dapat diatur. Pastikan Anda bisa menyesuaikan kursi kantor dengan tinggi badan dan tinggi meja kerja Anda.

2.     Pilih Bahan yang Nyaman

Selain ukuran, bahan kursi kantor juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat bekerja. Ada banyak jenis bahan kursi kantor yang bisa Anda temukan, mulai dari mesh, fabric, hingga kulit. Namun, perlu dicatat bahwa setiap bahan ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan mesh pada kursi kantor biasanya akan berbentuk jaring-jaring yang membuat sirkulasi udara bergerak sehingga Anda tak akan merasa kegerahan. Selain itu, bahan mesh juga mudah untuk dibersihkan dan tahan debu.

Kursi kantor berbahan fabric mempunyai daya tahan yang mumpuni. Anda juga tak akan merasa atau pun kedinginan saat menduduki kursi kantor berbahan jenis fabric selama berjam-jam.

Lalu, ada kursi kantor bahan kulit yang memiliki tampilan mewah dan elegan. Teksturnya yang licin dan lembut membuat kursi berbahan kulit ini mudah dibersihkan dan nyaman untuk diduduki. Namun, harga kursi kantor berbahan kulit umumnya mahal jika dibandingkan bahan lainnya.

3.     Fitur Kursi Kantor

Makin beragamnya jenis kursi kantor terlihat dari banyaknya fitur yang ditanamkan. Tentunya, berbagai fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Beberapa diantaranya adalah sandaran kursi, arm rest, dan roda kursi.

Meski tampak sepele, sandaran kursi dapat membuat kursi kantor makin nyaman digunakan. Sebagai pengguna Anda bisa memperhatikan bagaimana bentuk sandaran kursi kantor yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Pastikan Anda memilih kursi kantor dengan sandaran punggung yang ergonomis yang dapat menyesuaikan bentuk tulang punggung Anda saat bekerja.

Lalu ada fitur arm rest yang cocok untuk Anda yang suka merasa tangan pegal saat mengetik. Kursi kantor dengan sandaran tangan yang tepat adalah jenis kursi kantor yang ideal, apalagi jika digunakan selama seharian penuh ketika bekerja. Pilihlah kursi kantor dengan sandaran tangan untuk menopang tangan Anda saat pegal demi mengistirahatkannya sejenak. 

Terakhir, ada fitur roda kursi pada kursi kantor. Anda bisa memilih kursi kantor yang memiliki roda untuk memudahkan mobilitas. Dengan begitu, Anda dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di ruangan yang sama tanpa harus bangun dari kursi.

Dengan ketiga fitur di atas, Anda tak akan mudah merasa pegal dan lelah saat bekerja. Selain itu, baik sandaran punggung, arm rest, dan roda, juga dapat meminimalisasi risiko kesehatan, terutama masalah punggung dan tulang belakang.

Nah, itu dia sejumlah tips memilih kursi kantor yang ideal yang pastinya bikin kerja Anda makin produktif dan nyaman.

Untuk memudahkan Anda mencari dan memilih kursi kantor ideal yang ergonomis dan berkualitas, Anda dapat membelinya di Blibli

Sebagai salah satu online mall terbesar di Indonesia, Blibli menyediakan berbagai merek pilihan kursi kantor. Tak perlu repot, Anda bisa membelinya melalui situs blibli.com atau aplikasi yang sudah tersedia di Android maupun iOS. Anda juga dapat membeli kebutuhan lainnya, mulai dari gadget, pakaian, hingga barang-barang kebutuhan lainnya.

Biar makin hemat, nantikan berbagai promo dan harga menarik dari Blibli yang bisa Anda nikmati untuk belanja barang keinginan Anda. 

Tunggu apalagi? Segera belanja berbagai barang kebutuhan dan keinginan Anda selengkapnya hanya di website dan aplikasi mobile Blibli!

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.