-->
Petani Milenial Yogya Serukan Ridwan Kamil Presiden 2024
Petani Milenial Yogya Serukan Ridwan Kamil Presiden 2024

Petani Milenial Yogya Serukan Ridwan Kamil Presiden 2024



JOGJAGRID.COM : Pamor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil semakin menanjak belakangan terakhir yang ditunjukkan dengan terus bermunculannya gerakan dukungan maju pilpres 2024 di berbagai daerah. 

Terbaru, salah satu dukungan pada Ridwan Kamil untuk maju dalam kontestasi pilpres itu muncul dari kalamgan petani muda yang tergabung dalam Petani Milenial Cerdas DI Yogyakarta pada Senin (25/4/2022) sore.

Yup, para petani milenial itu berinisiatif mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil maju pemilihan presiden 2024 bertempat di kawasan Banguntapan Bantul Yogyakarta.

"Dalam kacamata kaum muda, sosok Kang Emil sangat tepat menjadi pemimpin Indonesia yang mampu berpikir cepat menghadapi dinamika dunia yang berubah setiap saat," ujar 
Barata Putra Utama, penggagas Petani Milenial Cerdas DIY di sela deklarasi.

Barata mengatakan dukungan pada Kang Emil muncul karena para petani daerah menilai ia memiliki perhatian pada petani dan program-programnya tepat untuk pertanian. Petani milenial DIY pun percaya dan yakin Kang Emil bisa mengambil peran lebih besar untuk bangsa.

“Kami akan mengawal dan mendukung dari Yogya. Kami ini merupakan perwakilan petani muda milenial di DIY. Kami melihat Emil sosok pemimpin cerdas dan mewakili aspirasi kami. Petani muda merupakan garda depan kemajuan bangsa. Kang Emil pemimpin milenial, kekinian dan pikiranmya mewakili kami dari segi pembangunan, pendidikan, kebudayaan. Karena itu kami mendukung,” ungkapnya.

Di Jawa Barat, program petani milenial yang digagas Emil dinilai sukses mendongkrak produksi pertanian dan regenerasi petani. Petani milenial cerdas DIY pun merasa program tersebut harus diadopsi di berbagai daerah termasuk Yogyakarta.

“Kami perwakilan petani milenial Yogyakarta, dengan nilai kebudayaan kami melihat sosok Kang Emil layak mencalonkan diri di pemilu mendatang. Kami dari berbagai kelompok petani, bagaimana pemuda yang harus diinspirasi kembali ke daerah untuk membangun daerahnya. Di DIY ini potensinya besar meski bukan wilayah pertanian ya, namun sangat bisa dioptimalkan,” sambungnya.

Relawan dari petani milenial cerdas DIY berasal dari berbagai lini seperti peternak sapi, domba, petani salak dan padi. Di DIY keseluruhan ada 50-an pengurus yang berada di lima kabupaten/kota DIY.

"Kami punya program pelatihan pertanian, salah satunya kami ingin jadikan DIY role model pertanian. Lahan pertanian boleh sedikit tapi gerakan pelatihan bisa datang dari sini. Kang Emil punya program, petani milenial, ini yang membuat kami yakin dia konsern pada dunia ini. Pemimpin harus cepat menanggapi atau mengambil keputusan atas perubahan dunia, ini yang kami lihat Kang Emil mampu melakukannya,” kata Barata.

Setelah deklarasi ini, relawan Petani Milenial Cerdas DIY berencana bergerak turun ke lima kabupaten/kota di DIY untuk menggelorakan program petani milenial. Mereka ingin menumbuhkan relawan hingga tingkat terbawah agar dukungan pada Emil semakin masif.

Tak hanya di Yogyakarta. Gerakan dukungan Kang Emil maju pilpres 2024 juga muncul di Jambi dalam bentuk peluncuran Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) yang dipusatkan di Hotel Wiltop Jambi Senin (25/4).

Acara silaturahmi elemen masyarakat Jambi itu sekaligus deklarasi politik mendukung Ridwan Kamil sebagai capres 2024. Tak lupa mereka membacakan manifesto Indonesia Juara, sebagai haluan perjuangan. 

Hadir tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat-budaya, tokoh pemuda dan aktivis perempuan.
“Ini sinergi bersama lapisan masyarakat Jambi. Kami mengusung Ridwan Kamil sebagai calon presiden RI di Pemilu 2024,” kata koordinator GNIJ Jambi, Al Husori.

Dia mengungkapkan sosok Ridwan Kamil yang cerdas dan bersahaja menjadi daya pikat rakyat Indonesia. Terlebih selama menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat sekarang, Ridwan Kamil banyak menorehkan inovasi sarat prestasi.

“Seperti program Desa Digital, wah ini terobosan yang menarik sekali. Kang Emil berpikir jauh ke depan. Bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga desa, lewat sokongan teknologi terkini,” ucapnya.

Terutama di Jambi, lanjut Husori, dimana banyak wilayah pedesaan, memerlukan satu inovasi kebijakan yang menguntungkan masyarakat. “Perangkat desa di tempat kami banyak studi banding, belajar ke Jawa Barat. Karena apa? Tingkat desa maju di sana sudah mendekati seratus persen,” katanya.

Husori berharap jika Ridwan Kamil terpilih sebagai presiden Indonesia, kemakmuran masyarakat desa bisa meningkat. Warga desa khususnya pemuda, agar diarahkan bagaimana mengembangkan perekonomian desa, tanpa melulu mesti mencari pekerjaan di kota.

“Potensi ekonomi desa itu sangat besar kalau dikelola pemimpin yang visioner. Lewat Desa Digital, Kang Emil ingin merealisasikan jargon ‘tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia’,” tuturnya.

Ridwan Kamil merupakan pemenang Pilgub Jabar 2018. Sebelumnya, jebolan Arsitektur ITB itu mengemban amanah sebagai Wali Kota Bandung. Sederet prestasi diraih Ridwan Kamil selama memimpin.

Program Desa Digital dimulai sejak 2021. Targetnya, sebanyak 5.000 desa di 27 kota / kabupaten di Jawa Barat akan diberi fasilitas pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Tahun 2022, Pemprov Jabar memprioritaskan 141 Desa Digital. Bekerja sama dengan beberapa e-commerce ternama, guna memasarkan produk lokal ke penjuru dunia. (Dho/Ian)

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.