-->
Libur Lebaran, Gembira Loka Yogya Bangun Sentra Pengisian BBM
Libur Lebaran, Gembira Loka Yogya Bangun Sentra Pengisian BBM

Libur Lebaran, Gembira Loka Yogya Bangun Sentra Pengisian BBM



JOGJAGRID.COM : Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta ancang-ancang mempersiapkan diri menghadapi lonjakan wisatawan saat libur lebaran tahun ini dengan melengkapi kawasasanya dengan stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) mandiri.

SPBU mini itu selesai dibangun akhir Maret lalu yang berlokasi di pintu barat  Jalan Veteran Yogyakarta .

“Unit pengisian BBM mandiri di Gembira Loka ini mungkin menjadi satu-satunya unit di Indonesia yang lokasinya berada di kawasan objek wisata,” kata Direktur Utama Gembira Loka Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) A. Tirtodiprojo yang akrab disapa Joko, Jumat 8 April 2022.

Joko mengatakan kebutuhan sarana pengisian BBM ini bagi Gembira Loka krusial khususnya saat menyambut libur panjang baik hari raya maupun libur sekolah. Saat momen liburan itu biasanya belasan hingga puluhan ribu wisatawan berkunjung ke kebun binatang terbesar di DI Yogyakarta-Jawa Tengah itu.

"Kebutuhan BBM ini terutama untuk wahana-wahana maupun kendaraan operasional di kebun binatang agar mudah terpenuhi," kata Joko.

"Sehingga tidak membutuhkan jarak terlalu jauh dan dapat menghemat banyak waktu dan ketersediaannya terjamin,” Joko menambahkan.

Gembira Loka dikenal memiliki berbagai wahana darat dan air bagi wisatawan. Wahana darat misalnya seperti kendaraan ATV dan kereta keliling yang tak pernah sepi digunakan wisatawan. Sedangkan wahana air seperti speedboat dan kapal Katamaran yang dioperasikan di danau buatan Mayang Tirta.

Selain wahana, lanjut Joko, Gembira Loka juga memiliki puluhan kendaraan operasional seperti mobil pemasaran, truk sampah, truk penyiram (air), mobil patroli, dan lainnya yang menambah kebutuhan persediaan BBM tiap harinya.

"Dengan terus meningkatnya grafik jumlah pengunjung saat ini, berbagai wahana dan kendaraan operasional itu butuh pasokan BBM yang tidak sedikit perharinya,” kata Joko.

Kepala Bagian Humas dan Promosi Gembira Loka Fahmi Ramadhan mengatakan dalam menyambut libur lebaran berbagai  perbaikan, pembangunan, fasilitas maupun sarana prasarana khususnya untuk berbagai satwa baru terus dilakukan.

"Satwa baru yang dihadirkan pada libur lebaran nanti antara lain seperti macan tutul Jawa, harimau Sumatera, dan juga singa betina," kata dia.

Sebelumnya Gembira Loka telah mendatangkan singa jantan. "Dengan adanya singa betina yang baru datang ini tentunya akan semakin memberi warna," kata dia. (Nus/Tus)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.