Gerakan Kasih Ramadhan Bergerak Ke Gunung Kidul Demi Cegah Stunting
Gerakan Kasih Ramadhan Bergerak Ke Gunung Kidul Demi Cegah Stunting

Gerakan Kasih Ramadhan Bergerak Ke Gunung Kidul Demi Cegah Stunting




JOGJAGRID.COM :  Prioritas masyarakat dalam masa post pandemi berubah, saat ini kesehatan menjadi hal utama. Faktor kesehatan yang penting ini hendaknya dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan, terutama untuk ibu dan bayi. Karena dengan asupan gizi yang baik akan membantu proses tumbuh kembang dengan baik.
 
Gerakan Kasih Ramadhan 2022 ditutup di kota ke-5 yaitu di Kabupaten Gunung Kidul. Gerakan Kasih Ramadhan 2022 Kabupaten Gunung Kidul dilaksanakan bersama ibu-ibu dan kader pejuang edukasi kesehatan bagi ibu dan keluarga. Salah satu hal yang penting untuk terus menjaga asupan gizi agar anak tidak mengalami kasus stunting.
 
Bunda Duta Stunting Kabupaten Gunung Kidul, Ibu Hj Diah Sunaryanta selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Kidul menyampaikan bahwa faktor geografis Kabupaten Gunung Kidul menjadi tantangan untuk percepatan edukasi terkait gizi dan pencegahan stunting. Namun hal itu bukan menjadi halangan bagi Tim Penggerak PKK Kab. Gunung Kidul melakukan pendataan, edukasi, serta penanganan stunting di Kab. Gunung Kidul.Bupati Gunung Kidul dalam sambutan yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat menyampaikan mengenai SK Bupati No 66 Tahun 2022 mengenai Percepatan Penurunan Stunting. Dalam SK Bupati tersebut  menetapkan 30 lokus kalurahan di Gunung Kidul sebagai perhatian khusus dalam penanganan stunting. Tentunya hal ini memerlukan kerjasama dan dukungan berbagai pihak, dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Gunung Kidul. 
 
Kepala BKKBN DIY, Shodiqin SH., MM. menyampaikan bahwa BKKBN DIY membentuk Tim Pendamping Keluarga yang terdiri dari Tim Penggerak PKK, Bidan, dan Tim KB dalam setiap tim yang tersebar di setiap desa. Sudah terbentuk lebih dari 1000 Tim Pendamping Keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta.Tim Pendamping Keluarga ini bertujuan untuk mendampingi calon pengantin agar lebih teredukasi mengenai ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dalam hal ini tentunya mencegah terjadinya kasus stunting pada anak.
 
Pada acara ini juga diserahkan bantuan dari Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) DIY kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunung Kidul.
 
Harapannya segala upaya untuk membina dan melakukan edukasi dalam Gerakan Kasih Ramadhan dapat membantu keluarga untuk meningkatkan ekonomi dalam upaya pemenuhan gizi batita dan keluarga. (Wer/Bia)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.