-->
Tak Sekadar Terang, Ini Tips Membeli Lampu Bohlam LED!  
Tak Sekadar Terang, Ini Tips Membeli Lampu Bohlam LED!  

Tak Sekadar Terang, Ini Tips Membeli Lampu Bohlam LED!  



JOGJAGRID.COM : Makin berkembangnya teknologi memberikan dampak pada berbagai barang tanpa terkecuali. Salah satunya adalah lampu LED yang makin marak digunakan. 

Lampu ini didesain dengan teknologi terkini untuk memberikan cahaya yang lebih terang dengan penggunaan energi listrik yang lebih sedikit.

Selain itu, berbeda dengan bohlam lampu biasa, lampu LED juga tahan lama digunakan meski dengan watt yang rendah. Masa pakai lampu LED bisa sangat panjang hingga menyentuh 60 ribu jam bahkan menyentuh lebih dari tujuh tahun. 

Beberapa merek lampu LED berkualitas yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Hannochs LED.

Namun, sebelum mengganti dan membeli lampu LED baru, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Simak ulasan berikut ini agar Anda tak salah membeli lampu LED.
 
Sesuaikan dengan luas ruangan

Pertama, Anda perlu memperhatikan luas ruangan sebelum membeli lampu LED. Luas atau tidaknya ruangan Anda dapat menentukan lampu LED bisa digunakan secara maksimal atau tidak. Misalnya, luas ruangan dapur yang berbeda dengan kamar akan menentukan jenis lampu LED yang berbeda spesifikasi tentunya.

Mengapa demikian? Ruangan yang lebih luas cenderung membutuhkan tingkat pencahayaan yang lebih untuk mencakup semua bagian ruangan dengan optimal. Sebaliknya, ruangan yang lebih sempit tak terlalu membutuhkan pencahayaan lebih sehingga Anda bisa memilih ukuran lampu yang sedikit lebih kecil.
 
Perhatikan kecerahan lampu

Selanjutnya dan yang paling penting adalah tingkat kecerahan lampu. Setiap lampu LED memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Tingkat kecerahan ini diklasifikasikan sesuai dengan ukuran tingkat kecerahan atau lumens. Sebaiknya, Anda memilih dan membeli jenis lampu dengan tingkat kecerahan yang sesuai agar pencahayaan menjadi lebih optimal.

Misalnya, Anda memerlukan lampu LED yang lebih cerah untuk ruangan yang memerlukan cahaya seperti ruangan kerja atau ruang belajar dan ruang tamu dan memilih lampu dengan tingkat pencahayaan yang lebih rendah untuk ruangan yang tidak membutuhkan aktivitas berat seperti kamar tidur.
 
Pertimbangkan masa hidup lampu

Setiap lampu termasuk lampu LED memiliki masa hidup yang menjadi patokan dari lamanya lampu tersebut bisa menyala. Maka dari itu, penting untuk Anda memilih lampu dengan mempertimbangkan masa hidupnya. 

Masa pakai lampu bermacam-macam, mulai dari 8 ribu jam hingga menyentuh 80 ribu jam. Namun, hal ini juga dipengaruhi dari pemakaian harian Anda.

Tipsnya, sebaiknya Anda memilih produk lampu LED yang memiliki masa hidup yang cukup lama sehingga Anda tak perlu cepat-cepat menggantinya dengan yang baru.
 
Pilih tone warna yang sesuai

Tak cuma tingkat pencahayaan dan masa hidup, setiap lampu juga memiliki tipe warna yang berbeda. Tipe warna atau tone warna lampu LED biasanya meliputi spektrum warna kuning hingga putih. Namun, seiring berkembangnya teknologi, saat ini lampu LED juga bisa diatur dengan berbagai macam warna sesuai keinginan.

Terpenting, jangan sampai Anda salah pilih lampu beserta tone warnanya. Pastikan Anda memilih jenis lampu dengan pilihan warna terang yang sesuai dengan kebutuhan agar pencahayaan yang Anda dapatkan menjadi lebih optimal.
 
Jangan tergiur harga murah

Di pasaran, ada berbagai jenis lampu yang dijual dengan harga yang beragam. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, Anda bisa mendapatkan lampu LED sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

Namun, jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah.
Cara mudahnya adalah dengan melihat berbagai merek dengan produk yang sama dan membandingkannya. Pilihlah harga yang wajar untuk sebuah lampu LED karena hal ini akan berpengaruh pada ketahanan dari penggunaan lampu tersebut.
 
Cek garansi lampu

Layaknya produk yang digunakan dalam jangka panjang, lampu LED juga dilengkapi dengan fasilitas garansi. 

Saat ini, makin banyak produsen lampu LED yang menawarkan garansi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Biasanya, setiap merek lampu LED akan menawarkan garansi yang berbeda mulai dari satu tahun hingga lima tahun lamanya.
 
Itulah beberapa tips penting bisa menjadi guidance ketika Anda ingin membeli lampu LED. 

Untuk mendapatkan garansi, cara mudahnya adalah dengan membeli produk lampu LED original yang sudah terbukti kualitasnya. 

Nah, cara mudah untuk mendapatkan produk original dan berkualitas adalah dengan membeli lampu LED di marketplace Blibli. Anda bisa langsung memilih produk lampu LED sesuai kebutuhan Anda melalui situs blibli.com atau aplikasi Blibli pada smartphone Anda. (***)

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.