-->
HUT MKGR 62, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Bagikan Ratusan Bibit Kelapa Hibrida
HUT MKGR 62, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Bagikan Ratusan Bibit Kelapa Hibrida

HUT MKGR 62, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Bagikan Ratusan Bibit Kelapa Hibrida




JOGJAGRID.COM : Tak kurang 800 lebih bibit pohon kelapa hibrida dibagikan serentak di sejumlah kalurahan Kecamatan Imogiri Bantul oleh anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM Selasa (4/1/2022).

Sejumlah kalurahan yang mendapat bibit kelapa itu adalah Sriharjo, Karangtengah, Kebonagung serta Girirejo. 

Aksi ini menjadi gebrakan baru politisi senior Partai Golkar itu di awal 2022 yang bertepatan dengan HUT ke -62 Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), salah satu ormas pendiri Partai Golkar.

"Bantuan bibit kelapa ini merupakan salah satu komitmen kami menguatkan perekonomian berbasis masyarakat," kata Gandung Pardiman, disela penyerahan bibit kelapa di Dusun Gondosuli Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri,  Selasa (4/1).

Dijelaskan, sementara baru empat kalurahan yang mendapat bibit kelapa hibrida. Kalurahan lainnya nanti bisa disusulkan. Oleh karena itu, Gandung mengajak semua stakeholder untuk bersama -sama membangun Imogiri.

"Saya mohon maaf karena sering mengadakan kegiatan namun tidak memberi informasi kepada kalurahan. Misalnya saya ke Girirejo juga tidak memberikan info ke Bu Lurah, itu karena warga Girirejo terlalu agresif, " ujar Gandung. 

Terkait dengan budidaya kelapa hibrida Gandung menegaskan,  jika hal tersebut merupakan investasi jangka panjang.  Karena diumur tiga tahun baru bisa dilihat buahnya. Oleh karena itu masyarakat sebenarnya perlu didorong untuk ngopeni tanaman. 

 "Oleh karena itu saya mohon Pak Camat untuk bidang pertanian diminta membantu dalam pengawasan perkembangan kelapa hibrida ini, " ujarnya.

Gandung menambahkan bantuan bibit kelapa ini untuk membangkitkan kembali wiayah Imogiri sebagau pusat produksi gula kelapa. 

"Dahulu Imogiri merupakan pusatnya produksi gula kelapa. Namun saat ini nyaris punah. Oleh karena itulah berdasarkan obrolan dengan pak penewu Imogiri kita coba bangkitkan kembali Imogiri sebagai pusat Gula Kelapa dengan penanaman Bibit Kelapa hibrida yang cepat berbuah ini. Jika ini berhasil kita akan tambah lagi termasuk 4 kalurahan lainkita akan beri," jelas Gandung.

Bahkan, imbuh Gandung, jika program ini berhasil maka akan kita coba program lain yakni kelapa Kopyor untuk meningkatkan ekonomi warga masyarakat. Namun menurut Gandung penanganannya harus serius.

"Harus ditangani serius dan jika berhasil kita akan bantu lagi Kelapa Kopyor," ujarnya.

Penewu Imogiri,  Slamet Santoso SIP MM mengungkapkan, anggota DPR RI, Gandung Pardiman memberikan 800 lebih bibit kelapa hibrida untuk empat kalurahan.  Wilayah lain yang belum mendapat pada saatnya nanti akan diberikan.

"Kita tunggu nanti untuk proposal permohonannya karena memang waktunya kemarin terbatas, dan untuk yang lain nanti menyusul," ujar Slamet.  Dijelaskan pula jika Gandung Pardiman memberikan pupuk dari yang awalnya 600 menjadi 800 paket.

Sementara itu, Lurah Sriharjo Titik Istiyawatun mengatakan bantuan dari Bapak Gandung Pardiman ini akan diikuti dengan program lain, misalnya dikaitkan dengan wisata. Dimasa mendatang jika penanaman Pohon Kelapa ini berhasil maka nanti kita akan rencanakan destinasi wisata menikmati kelapa muda petik sendiri.

" Ya kita akan buat desinasi petik kelapa muda sendiri. Sebab pohonnya kan tidak tinggi. Oleh karena itu kita akan tangani dengan serius sebab sangat membantu perekonomian masyarakat jika berhasil," ungkap Titik istiyawatun.

Hadir dalam acara penanaman bibit kelapa hibrida ini Wakil ketua Komisi A DPRD DIY Suwardi, Anggota DPRD Kabupaten Bantul dari fraksi Golkar  Teguh Santosa dan Suryono. Lurah Kebon Agung, Lurah Karangtengah, Lurah Girirejo. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun  ormas MKGR ke 62. (Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.