-->
DPRD DIY Dukung Sultan Jika Terapkan Lockdown, Huda Tri Yudiana: Covid Sudah Luar Biasa
DPRD DIY Dukung Sultan Jika Terapkan Lockdown, Huda Tri Yudiana: Covid Sudah Luar Biasa

DPRD DIY Dukung Sultan Jika Terapkan Lockdown, Huda Tri Yudiana: Covid Sudah Luar Biasa





JOGJAGRID.COM  – Pimpinan DPRD DIY menyatakan akan mendukung penuh wacana Gubernur DIY, Sri Sultan HB X untuk menerapkan lockdown DIY sebagai buntut meningkatnya kasus Covid-19.

"Kami sepakat dengan wacana Sultan apabila nantinya benar-benar melakukan lockdown dengan situasi seperti ini," kata Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana dalam jumpa pers Jumat (18/6).

Huda mengatakan pihaknya sependapat jika lockdown jadi langkah akhir menekan penularan. 

"Karena kondisi saat ini memang luar biasa. Shelter sudah pada aktif, rumah sakit juga penuh. Kalau tidak ada tundakan signifikan sistem kesehatan di Jogja bisa lumpuh. Ini penting dipertimbangkan, dikaji dan nanti Pak Gubernur akan memutuskan, kami mendukungnya,” tegasnya.

Huda mengatakan perlu ada koordinasi intensif terkait teknis di lapangan nantinya apabila benar-benar kebijakan lockdown dilakukan. 

Ia menambahkan harus ada peraturan detail ketika nantinya diterapkan lockdown di DIY. Hal tersebut agar ekonomi tetap bisa berjalan meski dengan berbagai pengetatan.

“Memang harus detail, karena ekonomi tetap harus jalan. Untuk teknisnya harus lakukan pengetatan dan perlu bantuan aparat terkait. Lockdown ini bukan semuanya ditutup namun pembatasan yang cukup masif di tempat-tempat potensial menimbulkan penularan,” tandas Huda. 

Ketua DPRD DIY, Nuryadi mengatakan situasi saat ini memang sangat memprihatinkan dengan kondisi penularan yang masih terus terjadi. Rerata kasus positif harian yang terdata kini terus meningkat dengan angka 500-an.

“Memang situasinya sangat memprihatinkan, kondisi sebelum Lebaran tidak bisa kita pertahankan, tapi justru berbalik 180 derajat, saat ini angka penularan sudah di atas 500 orang. Antisipasinya yakni di wilayah Kita harus ada pembatasan, daripada kondisi DIY semakin tidak terkendali, maka saya mendukung gagasan Ngarsa Dalem untuk menerapkan kebijakan lockdown,” ungkap Nuryadi. (Dwita)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.