Wagub DIY Jalani Screening Sebelum Pelaksanaan Vaksinasi
Wagub DIY Jalani Screening Sebelum Pelaksanaan Vaksinasi

Wagub DIY Jalani Screening Sebelum Pelaksanaan Vaksinasi

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, melakukan screening sebelum vaksinasi


JOGJAGRID.COM : Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, GKR Bray Paku Alam dan Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji melakukan screening sebelum vaksinasi di Gedhong Pare Anom, Rabu (13/1). 

Screening ini merupakan upaya untuk memastikan kondisi penerima vaksin dalam keadaan sehat dan prima, sebelum pelaksanaan vaksinasi pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaning Astutie menjelaskan proses screening ini ada dalam petunjuk teknis vaksinasi Covid-19. Screening ini untuk menilai kembali kondisi calon penerima vaksin yang meliputi 16 pertanyaan yang harus diinformasikan kepada petugas secara jujur. "Setiap penerima vaksin besok akan melalui proses screening ini. 

Hasil screening nantinya akan berpengaruh pada kesiapan penerima vaksin," jelasnya. Setelah screening, lanjutnya, penerima vaksin akan melalui masa evaluasi selama 30 menit setelah menerima vaksin.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan vaksinasi yang diawali tokoh masyarakat ini diharapkan mampu menjadi motivasi bagi penerima vaksin berikutnya. 

"Kita ada 35.000 nakes yang akan menerima vaksin. Sambil menunggu vaksin yang sesuai untuk anak dan lansia," jelasnya. Ia berharap meskipun masyarakat nantinya sudah menerima vaksin, protokol kesehatan tetap harus dilakukan. "Jangan sampai prokes jadi kendor," tegasnya. (age)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.