-->
Layanan Rapid Antigen Bandara YIA Batasi 300 Orang Perhari
Layanan Rapid Antigen Bandara YIA Batasi 300 Orang Perhari

Layanan Rapid Antigen Bandara YIA Batasi 300 Orang Perhari




JOGJAGRID.COM : Bandara Yogyakarta Internasional Airport menjadi tempat pertama yang menyediakan layanan rapid test antigen bagi penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan angkatan udara sejak 18 Desember 2020.

“Untuk layanan rapid test antigen di Bandara YIA saat ini kami batasi 300 orang per hari,” ujar Pelaksana Tugas General Manager Bandara YIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi 25 Desember 2020.
Taochid menuturkan, layanan yang dipusatkan di dua titik bagian lantai Mezzanine sisi timur dan barat itu beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.  Dengan tarif seragam Rp 170 ribu per orang. 
Adapun pembatasan layanan rapid di Bandara YIA sebanyak 300 orang per hari dengan menimbang berbagai faktor khususnya untuk tetap menjalankan penerapan protokol kesehatan dalam pelayanannya. Sehingga dapat menghindari terjadinya penumpukan antrean yang memicu kerumunan. 
Bagi warga yang hendak memakai layanan itu, juga telah disediakan sekat sekat agar antriannya tetap berjarak aman. Sekat untuk antrian yang dibatasi garis berwarna biru di depan layanan rapid itu dibatasi maksimal hanya 50 warga dengan jarak duduk minimal 1 meter satu sama lain. Jika 50 antrian pertama selesai mendapat layanan kemudian 50 antrian berikutnya dilayani. 
“Jadi setiap kelompok antrian ada 50 orang-50 orang,” ujar Taochid. Mekanisme untuk mendapatkan layanan rapid test antigen itu pun cukup mudah. Hanya dengan membawa identitas diri seperti KTP, Kartu Pelajar, atau bisa juga Kartu Keluarga untuk anak di atas 12 tahun. 
Meski tak tertutup untuk masyarakat umum, namun Taochid mengatakan layanan di Bandara YIA memprioritaskan untuk calon penumpang pengguna maskapai pada hari itu. Sehingga saat ada warga mengantre akan ditanya apakah calon penumpang pesawat atau warga umum. 
“Lonjakan antrean sebenarnya cukup signifikan selama empat hari layanan ini digelar, namun kami batasi 300 orang,” ujarnya.
Dalam layanan itu, setelah warga diambil rapid test antigennya bisa menunggu sekitar 30 menit sebelum hasilnya keluar. 
Bagi wisatawan, rapid test antigen di Yogya bisa diakses ke sejumlah layanan yang tersedia. 
Selain di Bandara YIA, penumpang bisa juga mendapatkan layanan itu di Stasiun Tugu Yogyakarta, dan sejumlah rumah sakit serta laboratorium seperti Rumah Sakit Siloam Yogyakarta, Rumah Sakit dr. Soetarto - DKT Yogyakarta, Intibios Laboratorium, serta Kimia Farma Yogyakarta.
Salah satu rapid test antigen yang harganya miring antara lain disediakan di Stasiun Tugu Yogyakarta.
Sebab bagi pelanggan Kereta Api (KA) jarak jauh yang berangkat dari Yogyakarta, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mulai menyediakan rapid tes antigen seharga Rp 105 ribu. Layanan di Stasiun Tugu sendiri mulai dibuka tanggal 22 Desember sampai dengan 8 Januari 2021. 
"Penyediaan rapid test antigen ini sebagai tindak lanjut adanya persyaratan jika penumpang kereta api jarak jauh di kawasan Jawa harus menunjukkan surat ini sebelum naik kereta," kata Supriyanto, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia PT KAI Daop 6 Yogyakarta. (Nafisha)
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.