-->
Kota Yogyakarta Raih IGA Award 2020
Kota Yogyakarta Raih IGA Award 2020

Kota Yogyakarta Raih IGA Award 2020



JOGJAGRID.COM: Satu lagi prestasi membanggakan yang di raih oleh Kota Yogyakarta di tingkat nasional, setelah kemarin meraih penghargaan Kota Peduli HAM dan Bhumandala Award, kali ini Kota Yogyakarta berhasil menyabet penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 dengan predikat Kota Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni dan diterima oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Hotel Sultan Jakarta, Jumat malam (18/12/2020).

Penghargaan IGA merupakan penghargaan untuk kota/Kabupaten terinovatif dalam mendorong inovasi di bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, dan urusan kewenangan lainnya.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan ada beberapa kriteria dalam penilaian yang terdiri dari 2 aspek, 7 variabel, dan 35 indikator.

Adapun contoh dari 35 indikator tersebut, adalah visi-misi kepala daerah, jumlah inovasi daerah, jumlah peningkatan investasi, regulasi inovasi daerah, tingkat partisipasi stakeholder, kecepatan inovasi, kemanfaatan inovasi, serta tingkat kepuasan pengguna inovasi.

"Sedangkan aspek penilaian, mengacu pada lima kriteria, yaitu kebaruan, manfaat bagi daerah dan masyarakat, urusan pemerintahan daerah yang menjadi kewenangannya, replikasi dan aplikatif, serta penguasaan materi inovasi daerah saat presentasi," jelasnya.

Ia menjelaskan jika pemerintah daerah penerima penghargaan tersebut merupakan daerah yang mendapatkan skor tertinggi berdasarkan akumulasi nilai indeks inovasi daerah, dan hasil penilaian presentasi kepala daerah, termasuk Kota Yogyakarta.

Melalui penilaian dan penghargaan tersebut ia berharap dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Ditemui usai menerima penghargaan, Walikota Yogyakarta mengucap rasa syukur dan berterimakasih pada seluruh jajaran Pemkot Yogyakarta serta masyarakat Kota Yogyakarta yang telah mendukung sehingga diraihnya prestasi tersebut.

“Tentu ini kebanggaan tersendiri Kota Yogyakarta dapat meraih penghargaan ini. Keterlibatan masyarakat dan OPD menjadi penentu keberhasilan pencapaian inovasi daerah,” katanya.

Ia meyakini, adanya berbagai inovasi akan mampu mendorong kemajuan pembangunan di Kota Yogyakarta.

“Adanya penghargaan ini tidak membuat kita berpuas diri. Justru menjadi tantangan dan motivasi kedepan agar bermunculan inovasi baru sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan di Kota Yogya,” ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa pelayanan Pemkot Yogyakarta semakin cepat, transparan, efisien, dan inovatif.

“Inovasi ini menjadi sebuah semangat, menjadi sebuah identitas bahwa melayani publik harus lebih cepat dan transparan,” ujarnya.

Ia pun meminta seluruh jajaran Pemkot Yogya agar terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih, terutama menyangkut kreasi dan inovasi daerah yang terkait dengan pelaksanaan pelayanan publik.

"Sehingga ke depan akan lebih mendukung dalam memajukan kehidupan masyarakat," ujarnya. (Ren)

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.