-->
Dibubarkan Paksa, Indonesia Scooter Festival 2020 Sudah Kantongi Izin Lengkap
Dibubarkan Paksa, Indonesia Scooter Festival 2020 Sudah Kantongi Izin Lengkap

Dibubarkan Paksa, Indonesia Scooter Festival 2020 Sudah Kantongi Izin Lengkap




JOGJAGRID.COM : Perhelatan Indonesia Scooter Festival (ISF) 2020 yang sedianya digelar 5-6 Desember 2020 di Lippo Plaza Kota Yogyakarta dibubarkan paksa Pemerintah Kota Yogyakarta karena dinilai melanggar protokol kesehatan dalam upaya penanganan Covid-19.

Padahal hajatan yang dianggap lebarannya pecinta Vespa itu sendiri diketahui sudah mengantongi izin lengkap. Izin keluar setelah adanya rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya.

"Selama persyaratan untuk pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 dijalankan, izin memang dikeluarkan," ujar Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi Sabtu petang 5 Desember 2020.

Namun, ujar Heroe, setelah mendapat izin panitia, peserta juga pengunjung acara itu juga harus mematuhi aturan menjalankan protokol kesehatan sesuai surat pernyataan yang dibuat.

"Mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang disyaratkan, jika melanggar dan tidak mampu mengendalikan ya dibubarkan walau sudah diizinkan," ujarnya.

Izin acara itu sendiri tertuang dalam salinan dokumen dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogya yang menyebut bahwa perizinan acara itu keluar berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogya bernomor 017/STL/XI/2020 tanggal 27 November 2020. 

Dalam rekomendasi itu Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogya meminta panitia membagi perhelatan itu setiap harinya 6 sesi di mana tiap sesi hanya 30 pengunjung serta mematuhi protokol kesehatan berlaku. 

Namun ternyata saat pelaksanaan acara hari pertama 5 Desember 2020, petugas menemukan banyak pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi. Pengunjung banyak tidak memakai masker, terjadi kerumunan hingga pinggir jalan dan tidak cuci tangan.

Heroe mengatakan pembubaran kerumunan dalam kegiatan yang tidak mematuhi protokol Covid-19 itu dilakukan bersama Satpol PP, Polri dan TNI.

"Dan tim Satgas Covid Kota Yogyakarta akan melakukan patroli secara terus menerus agar tidak terjadi kerumunan dan pelanggaran protokol serta mengawasi titik-titik tertentu di seputaran wilayah kota Yogyakarta," kata Heroe.

Sebelumnya melalui akun resmi media sosialnya, panitia menyebut seluruh tiket sudah terjual. Panitia melalui laman resmi scooterfest.id juga menjanjikan akan mengembalikan uang pengunjung jika acara itu tak jadi digelar sesuai harga tiket.

'NOTE: Jika event tidak dapat terlaksana. Untuk Pembelian Tiket Pack Merchandise Akan tetap kami kirim sesuai jadwal dan Tiket akan kami kembalikan Sejumlah Harga TIKET. dan untuk BONUS RAPID TEST dan Premium Parking Otomatis akan hangus dan tidak dapat di uangkan.' bunyi pengumunan seperti tertulis di laman resmi ISF.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.