Aksi KPK Gulung Pejabat Kemensos Dapat Apresiasi Anggota DPR RI Gandung Pardiman
Aksi KPK Gulung Pejabat Kemensos Dapat Apresiasi Anggota DPR RI Gandung Pardiman

Aksi KPK Gulung Pejabat Kemensos Dapat Apresiasi Anggota DPR RI Gandung Pardiman






JOGJAGRID.COM : Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Drs HM Gandung Pardiman  MM mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan korupsi yang  berhasil melakukan operasi tangkap tangan terhadap sejumlah pejabat di kementrian Sosial dan menyeret Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap pengelolaan dana bantuan sosial penanganan Covid-19 berupa paket sembako di Kementerian Sosial tahun 2020. 
Gandung Pardiman yang juga pembina Yogyakarta Executif Watch ( YEW ) mendesak agar kasus korupsi di kementrian sosial tersebut diusut tuntas hingga ke daerah - daerah.

" Kami apresiasi terhadap KPK yang telah bekerja keras dan berhasil mengungkap kasus dugaan korupsi di Kementrian Sosial. Uang yang dikorupsi ini adalah uang negara yang seharusnya digunakan untuk membantu menangani korban terdampak pandemi covid 19. Saya  prihatin sekali karena masih ada pejabat yang memperkaya diri dan  tega memanfaatkan situasi negara yang sedang sulit menghadapi pandemi covid 19," ujar Gandung Pardiman disela - sela kerja bakti dan sambang warga di dusun Pandangan Ponjong Gunungkidul, Yogyakarta, Minggu ( 6/12/2020).

Lebih lanjut Gandung Pardiman yang kini masih menjabat sebagai pembina Yogyakarta Executif Watch ( YEW ) mendesak agar kasus korupsi di Kementrian sosial diusut hingga ke daerah - daerah di tingkat kabupaten dan kecamatan. Sebab, lanjut Gandung, dari pengamatan dan laporan warga masyarakat sejumlah program dari kementrian Sosial disalah gunakan termasuk dimanfaatkan untuk kampanye pasangan calon kepala daerah. 

" Sejumlah bantuan dan program dari kementrian sosial disalahgunakan untuk kempanye pemenangan pasanagan calon bupati dan wakil Bupati. Ada bantuan dari kementrian Sosial yang dibagikan kepada masyarakat yang merupakan program resmi pemerintah, tetapi saat penyampaian kepada masyarakat ditumpangi pasangan calon. Ini politik gentong Babi, nebeng program rersmi pemerintah. Penyelewengan seperti ini juga harus diusut," tegas Gandung Pardiman kepada wartawan.

Oleh karena itu, imbuh Gandung Pardiman, terungkapnya kasus dugaan korupsi di Kementrian Sosial sekarang ini bisa menjadi pintu masuk untuk mengungkap dugaan penyelewengan lainnya di kementrian Sosial.

" Di Gunungkidul saya juga mendengar program pemerintah yakni PKH juga ditunggangi untuk pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Hal ini tidak benar dan ini bentuk penyelewengan. Mau menjadi kepala daerah saja menggunakan cara yang tidak benar, bagaimana nanti kalo terpilih menjadi Kepala Daerah, mau jadi apa nantinya. Oleh karena itulah saya mendesak KPK untuk melaksanakan audit investigasi terhadap bansos dari tingkat kabupaten / kota sampai Desa dan kelompok," desak Gandung.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada yang hanya tinggal beberapa hari ini, Gandung Pardiman selaku pembina Yogyakarta  Executif Watch ( YEW) menginstruksikan kepada seluruh  relawan yang berada di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Sleman untuk memantau dan mengawasi di wilayahnya masing - masing.

"Saya menginstruksikan kepada seluruh Relawan YEW, khususnya yang berada di kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Sleman, agar selalu memasang mata dan telinga, karena ada informasi yang layak dipercaya, bahwa ada Paslon Cabup-Cawabup tertentu yang akan memanfaatkan Program Kemensos dan Kementerian lainnya untuk membeli suara rakyat selama masa tenang. Bahkan menghadang calon pemilih yang sedang menuju ke TPS," ujar Gandung Pardiman.

Dalam kunjungannya ke Gunungkidul Yogyakarta, anggota DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM melaksanakan sambang warga di Dusun Pandangan, Ponjong dan Dusun Bendogede 1, Sumbergiri, Kapanewon Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Bersama rombongan Gandung Pardiman Center (GPC), HM Gandung Pardiman MM memberikan bantuan 100 zak semen di Dusun Padangan. Untuk melakukan pengerasan jalan, sehingga meningkatkan akses transportasi. Selain itu juga memberikan fasilitas untuk penerangan jalan umum. Wakil Rakyat yang dikenal dengan slogan ikhlas berjuang, ikhlas beramal, peduli semuanya dan tidak pelit ini Juga menyerahkan dana untuk kas Dusun sebesar Rp 3 juta dan bagi grup senam Rp 1 juta.  Tahun depan juga akan membantu dana untuk pengerasan jalan di dusun tersebut sebesar  Rp 50 juta .

Selain di dusun pandangan Gandung Pardiman bersama rombongan melakukan sambang warga di  Dusun Bendogede 1, Kalurahan Sumbergiri, Ponjong. Pada kesempatan tersebut HM Gandung Pardiman MM membantu untuk sarana prasarana air bersih. Karena meskipun di musim penghujan, Bendogede 1 dan Ngampelombo, Sumbergiri harus membeli air tangki. Sehingga mendorong HM Gandung Pardiman MM untuk berjuang demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

 “ Air ini sangat dibutuhkan masyarakat. Masalah yang harus mendapatkan solusi. Sehingga kita  bantu Rp 50 juta  dan akan digunakan untuk tower dan pralon  untuk mengangkat air  agar kesulitan air bersih khususnya 2 dusun Bendogede 1 dan Ngampelombo dapat teratasi,” ungkap Gandung Pardiman  yang juga Ketua DPD Golkar DIY. (Vina)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.