-->
Libur Long Weekend,  1009 Personel Polda DIY Jaga Seluruh Wilayah
Libur Long Weekend,  1009 Personel Polda DIY Jaga Seluruh Wilayah

Libur Long Weekend, 1009 Personel Polda DIY Jaga Seluruh Wilayah



JOGJAGRID.COM : Ditlantas Polda DIY menerjunkan ribuan personel hingga ke tingkat Polres dalam operasi Zebra Progo 2020 untuk pengamanan libur panjang yang digelar selama dua pekan hingga 8 November 2020.

Rinciannya, Polda DIY mengerahkan 1009 personel meliputi 210 personel Polda DIY, 185 personel Polresta Yogyakarta, 180 personel Polres Sleman, 173 personel Polres Bantul, 134 personel Polres  Kulonprogo dan 127 personel Polres Gunungkidul.

"Operasi ini akan kami laksanakan terhitung mulai 26 Oktober sampai 8 November mendatang dengan melibatkan 1009 personel," kata Dirlantas Polda DIY, AKBP Iwan Saktiadi kemarin.

AKBP Iwan menerangkan, para personel itu terdiri dari sejumlah satuan fungsi yakni intelijen, Sabhara, maupun Satlantas, dan para personel lainnya.

"Petugas akan memastikan bahwa kesadaran ketertiban para pengguna jalan berlangsung optimal selama operasi berlangsung," ujarnya.

Selain bertujuan untuk mengedepankan fungsi lalu lintas dan kemananan serta kelancaran lalu lintas, operasi tersebut juga dikhususkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Petugas juga akan menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dan penggunaan 3M kepada pengguna jalan," katanya.

Secara khusus, operasi itu juga akan melakukan pengamanan di sejumlah titik menjelang masuknya masa libur panjang cuti bersama di akhir pekan nanti.

"Hal ini tentunya membawa tugas tambahan. Tapi kami akan mengunakan pola 40-40-20 dan diharapkan kehadiran petugas mampu memberikan dukungan kelancaran lalu lintas," imbuhnya.

"Pola penindakan kami nanti 40 persen preemtif, 40 persen lagi preventif dan sisanya adalah represif kepada pengguna jalan," sambung dia.

Pada operasi Zebra kali ini, Ditlantas juga telah menyiagakan personel di titik-titik wisata. Tidak hanya di wilayah Kota Yogyakarta, namun di beberapa spot lain seperti pantai, dan wisata lain juga dijaga oleh pihak kepolisian.

"Kami harapkan kegiatan ini tidak hanya mampu mengawasi kelancaran lalu lintas saja, melainkan juga berkontribusi terhadap upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya. (Fin)


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.