Pulihkan Dampak Corona, Grab Fasilitasi UMKM Bertransformasi Digital
Pulihkan Dampak Corona, Grab Fasilitasi UMKM Bertransformasi Digital

Pulihkan Dampak Corona, Grab Fasilitasi UMKM Bertransformasi Digital

Grab Indonesia luncurkan program #TerusUsaha (21/7)
JOGJAGRID.COM: Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibantu untuk bertransformasi menjadi digital melalui program yang diluncurkan Grab Indonesia, yakni #TerusUsaha.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya mengapresiasi atas langkah dari Grab dalam membantu UMKM di DIY agar semakin maju dan keluar dari dampak pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi program Terus Usaha. Ini semua hanya dilakukan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, untuk pembedayaan UMKM dan melepaskan diri dari dampak Covid-19,” katanya dalam konferensi pers secara virtual melalui aplikasi Zoom yang digelar Grab pada Selasa (21/7).

Sri Sultan mengatakan menurut informasi dari Grab, terdapat beberapa terobosan dalam meningkatkan kualitas UMKM di DIY. Beberapa di antaranya seperti fasilitas iklan di media sosial, pelatihan peningkatan kompetensi maupun mendorong bisnis digital.

“Termasuk di dalamnya memfasilitasi iklan gratis untuk membantu UMKM dalam meningkatkan visibilitas online. Sehingga dapat meningkatkan penjualan online,” katanya.

Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya, mengatakan program #TerusUsaha dirancang sebagai solusi digitalisasi di era new normal, bagi seluruh UMKM dan pekerja lepas di Indonesia, termasuk Yogyakarta.

“Dengan situasi dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, UMKM harus merangkul teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal. Dengan program Terus Usaha, kami harap mampu membawa perekonomian masyarakat lokal menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Di dalam program ini terdapat beberapa solusi dari Grab untuk membantu transformasi digital UMKM di Yogyakarta. Pertama, dalam meningkatkankan visibilitas dan permintaan, Grab telah menyediakan jasa pengiriman melalui GrabExpress dengan harga khusus bagi pelanggan yang membeli produk dari 120 mitra UMKM yang terdaftar dalam platform SiBakul Jogja.

Konferensi pers secara virtual melalui aplikasi Zoom yang digelar Grab pada Selasa (21/7).
Grab juga bermitra dengan Pemda Sleman untuk mengajak 24 pasar tradisional bergabung dalam platform Grab. Pelanggan saat ini dapat membeli barang sehari-hari dari 12.800 penjual tradisional menggunakan layanan baru, GrabAssistant.

Mereka hanya perlu memasukan lokasi pasar, mencatat barang belanjaan yang ingin dibeli, dan memasukan estimasi harga. Kemudian, mitra pengantaran Grab akan membantu pelanggan berbelanja di pasar yang telah ditentukan dan mengantarkannya ke alamat pemesan.

Untuk Individu yang mata pencahariannya terdampak akibat COVID-19, Grab memberikan solusi dengan menjadi Agen Individu GrabKios dan mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan HP mereka. Mereka bisa menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalui aplikasi GrabKios.

Dalam program ini juga dihadirkan portal khusus www.grabforgood.id, yang menjadi ruang bagi jutaan UMKM untuk mencari tips terkait pengembangan bisnisnya, inspirasi dan konsultasi dengan berbagai bisnis kecil yang sukses, dan cara bergabung dalam ekosistem digital Grab. 

(Ria/Rls)

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.