Corona Tak Pengaruhi Pakan Satwa GL Zoo
Corona Tak Pengaruhi Pakan Satwa GL Zoo

Corona Tak Pengaruhi Pakan Satwa GL Zoo

JOGJAGRID.COM : Kendati  Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta tutup sementara akibat dampak pandemi Corona (Covid-19), namun pemberian pakan satwa untuk koleksi kebun binatang itu masih aman seperti hari biasa saat operasional.

Kabag Humas GL Zoo, Eros Yan Renanda mengakui pemberlakuan penutupan kunjungan bagi wisatawan sejak 22 Maret -31 Maret lalu, yang kemudian penutupan diperpanjang hingga 30 April nanti. Itu berarti selama tutup, GL Zoo tidak ada pemasukan sama sekali.  “Tapi untuk perawatan satwa dan pemberian pakan masih aman-aman saja,” kata Eros, Selasa  (14/4).

Kanit Nutrisi GL Zoo, Paramitha Adelia  yang akrab disapa Tata  menambahkan  selama diberlakukan penutupan untuk pengunjung, pasokan pakan satwa tidak menghadapi kendala karena seperti pakan ikan berupa pelet dan daging untuk harimau masih tersedia stok. “Sejak beberapa minggu  lalu kami sudah ada stok pakan ikan dan daging. Makanan segar untuk satwa lainnya juga h oke-oke saja, tidak ada kendala,”  ucap Tata meyakinkan.

Menurut dia, dalam kondisi normal saat GL Zoo dioperasionalkan menerima kunjungan wisatawan, biaya yang dikeluarkan untuk pakan satwa koleksinya berkisar antara Rp 70 juta – Rp 80 juta perminggu. Dan selama tutup terdampak wabah Corona, anggaran untuk pakan satwa sedikit ditekan menjadi Rp 60 juta – Rp 70 juta perminggu.

“Biaya paling banyak dikeluarkan untuk pakan gajah, antara Rp 10 juta – Rp 11 juta perminggu, untuk delapan ekor gajah koleksi  kami. Beberapa waktu lalu, satu gajah betina beranak. Anaknya masih menyusu induknya,” tutur Tata. 

Hanif Sofyan

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.