Deretan Santap Siang Kunjungan Raja Belanda di Keraton, Bikin Ngiler !
Deretan Santap Siang Kunjungan Raja Belanda di Keraton, Bikin Ngiler !

Deretan Santap Siang Kunjungan Raja Belanda di Keraton, Bikin Ngiler !

JOGJAGRID.COM : Kunjungan Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti ke Keraton Yogya Rabu 11 Maret 2020 bertepatan dengan waktu santap siang.

Setelah puas menyaksikan tari legendaris Beksan Ageng, Raja Keraton Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono X pun mengajak Raja Belanda dan keluarganya bersantap siang di Bangsal Manis Keraton.

Tak ketinggalan, para rombongan yang turut dengan Raja Belanda dijamu di area dekat bangsal manis dengan menu menu serupa.

Setidaknya ada enam menu santap siang dari restoran Bale Raos yang spesial membuat menu masakan al keluarga Keraton. Terdiri dari empat menu makanan dan dua menu minuman menggoda lidah yang sulit dilewatkan oleh para tamu undangan dari negeri Kincir Angin itu.

Apa saja menu menu yang dikeluarkan Bale Raos saat kunjuingan Raja Belanda ini ?

1. Kambing Panggang

Menu ini paling diserbu pertama oleh para tamu undangan karena dari kejauhan aroma daging kambingnya yang dipanggang ala barbekiu tampak menggoda.

Daging kambing pilihan itu dipanggang dengan olesan mustard dan minyak zaitun, lalu disajikan dengan rangkaian kari sayuran dan kentang sauted. Selain boleh mengambil potongan daging sepuasnya, para tamu juga diberikan aneka pilihan saus seperti bumbu kecap atau saus orange.

2. Nasi Brongkos

Sejumlah tamu dari Belanda tampak enjoy menyambangi booth Nasi Brongkos ini dan lahap menyantapnya.  Melimpahnya potongan daging sapi yang dipadu dengan kuah berisi kacang tolo kental plus telur bacem membuat menu khas Yogya ini ludes dan harus diisi ulang oleh pelayan dalam waktu sebentar saja.

3. Mie Kopyok

Walau berasal dari jajanan jalanan, namun kehadiran Mie Kopyok di tengah menu-menu mewah saat kunjungan Raja Belanda di Keraton itu tetap jadi buruan para tamu.

Bagaimana tidak, tamu mulanya diharuskan meracik sendiri isian Mie Kopyoknya sesuai selera. Ada sawi segar, taoge, juga mie kuning. Setelah racikan mie dan sayur dirasa pas, lalu diguyur kuah gurih bening yang berisi potongan daging sapi plus koyoran yang sangat empuk.

4. Sate Ayam

Sate Ayam yang disuguhkan dalam santap siang saat kunjungan Raja Belanda di Keraton Yogya ini mungkin sama dengan sate ayam biasa ditemui di luaran.  Yang sedikit membedakan mungkin hanya ukuran potongan dagingnya yang lumayan besar sehingga menyantap satu tusuk saja mungkin sudah mengenyangkan.  Selain itu bumbu kacang yang lembut dan daging yang matang namun tak sampai gosong membuat sate ini berasa nikmat.

5. Ginger Lime dan Es Kelengkeng

Dua minuman ini berduet sukses menyegarkan dahaga para tamu undangan saat kunjungan Raja Belanda. Racikan rempah jahe dicampur segarnya perasan jeruk nipis pada menu Ginger Lime membuat tenggorokan lega seketika. Sedangkan menu Es Kelengkeng menjadi penutup yang tak bisa dilewatkan karena meriahnya tampilannya. Mulai dari buah kelengkeng segar yang telah dikupas, nata de coco, potongan jeruk nipis  plus sirup cocopandan membuat rasanya benar benar menyegarkan.

HANAM PAMUJI

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.