-->
Abdi Dalem Musikan Kraton Yogyakarta Hidup Lagi !
Abdi Dalem Musikan Kraton Yogyakarta Hidup Lagi !

Abdi Dalem Musikan Kraton Yogyakarta Hidup Lagi !

JOGJAGRID.COM : Abdi dalem Musikan di bawah naungan Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, divisi kesenian dan pertunjukan dari Kraton Yogyakarta akan kembali menampilkan pentas Musikan bertajuk 'Mandalasana untuk Bhinneka' di Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta, Minggu (27/10/2019) pukul 09.30 WIB.

Pertunjukkan kali ini dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda 2019 setelah sukses unjuk gigi memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia meski
telah vakum lebih dari setengah abad.

Penghageng KHP Kridhomardowo Kraton Yogyakarta KPH Notonegoro mengatakan seni pertunjukan, termasuk musik di dalamnya, dapat menjadi media pemersatu bangsa. Oleh karena itu, Kraton Yogyakarta dengan komitmennya menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kembali menghadirkan pentas Musikan dengan mengambil momentum Sumpah Pemuda.

"Sumpah Pemuda yang tercetus pada 28 Oktober 1928 lalu sendiri merupakan hari yang penting dalam berdirinya Republik Indonesia, dimana pemuda dari berbagai organisasi dengan berbagai latar belakang suku, agama, ras dan golongan berbeda, bersumpah untuk bersatu menjadi bangsa Indonesia. Semangat persatuan pemuda ini pula yang akan dihadirkan abdi dalem Musikan dalam pentas 'Mandalasana Untuk Bhinneka' dengan persembahan lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nasional," tutur KPH Notonegoro di Yogyakarta, Jumat (18/10/2019).

KPH Notonegoro menuturkan pentas dari abdi dalem Musikan ini akan menghadirkan lagu kebangsaan, lagu nasional hingga lagu daerah. Diantaranya lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa, Bangun Pemudi Pemuda, serta beberapa lagu daerah dari Sabang sampai Merauke seperti Bungong Jeumpa, Ondel-Ondel, Ilir-Ilir, hingga medley lagu daerah Papua dapat dinikmati seluruh wisatawan Kraton Yogyakarta. Pentas dimulai dengan iringan prajurit Kraton Yogyakarta yang menjemput para abdi dalem Musikan dari Bangsal Kasatriyan menuju Bangsal Mandalasana yang terletak di pelataran kedhaton Kraton Yogyakarta kemudaian kembali ke dalam Bangsal Kasatriyan setelah usai pementasan.

"Saya harap akan ada banyak generasi milenial yang mengapresiasi pementasan ini, ikut hadir, serta merasakan atmosfer persatuan dan bersama-sama memaknai Sumpah Pemuda yang tahun ini sudah berusia 91 tahun," pungkasnya. (Harry W)

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.