Rekomendasi Kuliner Hidden Gem yang Hanya Ada di Jogja
Rekomendasi Kuliner Hidden Gem yang Hanya Ada di Jogja

Rekomendasi Kuliner Hidden Gem yang Hanya Ada di Jogja

 


JOGJAGRID.COM : Yogyakarta (Jogja) adalah kota istimewa yang memberikan kesan tersendiri bagi banyak orang. Bukan hanya wisatawan lokal yang selalu rindu kembali ke kota tersebut, banyak pula wisatawan asing yang terpesona dengan segala keindahannya. Bahkan, keunggulan kota tersebut juga tercermin dari kehadiran toko-toko lokal yang kini bisa diakses secara online melalui Blibli. Ada banyak promo Jogja menarik yang bisa Anda dapatkan di Blibli, mulai dari produk skincare hingga kebutuhan sehari-hari. Belanja di online store lokal Jogja semakin mudah jika Anda senantiasa menggunakan aplikasi Blibli.

Keindahan alam dan budaya Jogja yang memukau turut disempurnakan oleh kekayaan kuliner khas yang tidak ada di kota-kota lain. Kalau Anda bosan dengan kuliner mainstream yang sangat populer di Jogja, maka tak ada salahnya meluangkan waktu mencicipi beberapa kuliner tersembunyi berikut ini:

 

Gudeg Pawon

Popularitas Gudeg Yu Djum sebagai salah satu kuliner terfavorit di Jogja tentu tak perlu diragukan lagi. Namun, sebenarnya Jogja punya banyak sekali rekomendasi penjual gudeg yang tak kalah lezat dibandingkan Gudeg Yu Djum. Salah satu tempat wisata kuliner tersembunyi yang populer dengan menu gudegnya adalah Gudeg Pawon. Lokasinya terletak di Jalan Janturan kawasan Warungboto.

Kalau berniat mengunjungi Gudeg Pawon, maka Anda harus datang pada malam hari karena warung sederhana ini baru buka pukul 8 malam. Seporsi nasi gudeg disajikan dengan pelengkap berupa dada ayam kampung yang disuwir, telur, sayur krecek, serta tempe. Suasana bersantap di Gudeg Pawon sangat bersahaja dan sederhana seakan sedang makan di dapur rumah sendiri. Meskipun lokasinya cukup jauh dari jalan raya, keistimewaan rasa Gudeg Pawon membuatnya senantiasa ramai disinggahi para wisatawan.

Bakmi Mbah Gito

Cita rasa bakmi Jogja yang luar biasa pasti membuat siapa pun selalu rindu ingin menikmatinya lagi. Salah satu referensi tempat makan bakmi Jogja yang tersembunyi tetapi populer adalah Bakmi Mbah Gito di Jalan Nyi Ageng Nis, Kotagede. Tempatnya sangat sederhana dengan nuansa khas rumah ala Jogja. Anda bisa memilih tempat berupa meja maupun lesehan ketika mengunjungi lokasi Bakmi Mbah Gito. Beberapa menu yang tersedia di Bakmi Mbah Gito, antara lain bakmi godog dan bakmi goreng, capcay, serta rica-rica ayam kampung.

Warung Demen Ayam Cha Do Jo

Ternyata Jogja tidak hanya identik dengan makanan khas berupa gudeg. Bila Anda ingin merasakan sensasi chinese food ala Jogja, jangan lupa singgah ke Warung Demen Ayam Cha Do Jo yang berlokasi di belakang Ambarukmo Plaza. Rekomendasi menu paling populer di destinasi wisata kuliner ini adalah ayam goreng tepung berukuran jumbo yang disiram dengan tumisan sayuran. Tak mengherankan jika Warung Demen Ayam Cha Do Jo karena cita rasanya istimewa dan harganya terjangkau. Selain menu utama berupa olahan ayam, tersedia pula pilihan hidangan lain seperti mi goreng, nasi goreng, dan capcay.

Mangut Lele Mbah Marto

Para pencinta makanan bersantan tentu tak boleh melewatkan Mangut Lele Mbah Marto di Jogja. Lokasi tempat wisata kuliner ini berada di Dusun Ngireng-ireng, Bantul. Keistimewaan Mangut Lele Mbah Marto terletak pada proses pengolahan lele sebagai bahan utamanya. Ikan lele diasap hingga matang kemudian dimasak dengan santan serta aneka bumbu halus. Proses memasaknya membutuhkan waktu lama supaya cita rasa ikan dan bumbu berpadu sempurna. Selain mangut lele, ada pula hidangan pelengkap lainnya seperti garang asem ati ampela, oseng daun pepaya, gudeg, dan sayur krecek.

Sambal Welut Pak Sabar

Belum banyak orang yang tahu kalau Jogja juga punya tempat kuliner bercita rasa pedas yang sudah melegenda, yaitu Sambal Welut Pak Sabar. Destinasi wisata kuliner ini berada di Glagah Kidul, Bantul. Menu andalannya berupa belut yang digoreng garing dan dipadukan dengan sambal bercita rasa pedas gurih. Jika Anda sedang tak ingin menyantap belut, Anda dapat mencoba varian lauk lainnya seperti ikan gabus, wader, dan lele. Lokasi yang jauh dari jalan raya tidak membuat Sambal Welut Pak Sabar sepi peminat. Sebaliknya, tempat kuliner ini malah senantiasa ramai pengunjung khususnya pada hari libur.

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Para penyuka ayam goreng tentu tak boleh melewatkan destinasi wisata kuliner tersembunyi bernama Ayam Goreng Mbah Cemplung. Tempat makan di Jalan Sembungan, Bantul, ini memang senantiasa ramai pengunjung karena sajiannya istimewa. Anda berkesempatan menikmati ayam kampung goreng yang empuk dan gurih bersama berbagai lauk pelengkap lainnya ketika mengunjungi Ayam Goreng Mbah Cemplung. Rasa makanan yang nikmat dan harga yang cukup bersahabat membuat tempat makan ini menjadi favorit banyak orang, termasuk para wisatawan.

Jiwajawi

Hidden gem kuliner ala Jogja bukan sekadar soal kuliner tradisional yang disukai banyak orang. Banyak pula tempat bernuansa kekinian yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Jiwajawi di Jalan Tugu Gentong, Salakan. Lokasi persisnya terbilang jauh dari jalan raya sehingga Anda harus menelusuri alamatnya secara cermat. Ketika tiba di Jiwajawi, Anda akan langsung disuguhi pemandangan hutan yang asri dan sejuk. Ada berbagai menu khas Indonesia yang bisa Anda coba di Jiwajawi, antara lain ayam woku, ayam suwir kecombrang, aneka camilan, kopi, dan artisan tea. Bersantai di tempat menarik ini pasti membuat Anda betah dan rindu ingin kembali lagi di lain kesempatan.

 

Jangan lupa meluangkan banyak waktu agar bisa mencicipi beragam kuliner tersembunyi ketika berlibur ke Jogja. Jadi, rekomendasi kuliner manakah yang akan Anda coba terlebih dahulu?

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.