-->
Anggota DPR RI Gandung Pardiman Dorong Petani Maju Dengan Dukungan Inovasi dan Riset
Anggota DPR RI Gandung Pardiman Dorong Petani Maju Dengan Dukungan Inovasi dan Riset

Anggota DPR RI Gandung Pardiman Dorong Petani Maju Dengan Dukungan Inovasi dan Riset





JOGJAGRID.COM:  Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM mengungkap hampir di semua negara maju, yang kaya sebagian besar justru para petaninya. 
Para petani itu menjadi sejahtera manakala dalam tugasnya memberdayakan sektor pangan mendapat dukungan penuh dari berbagai inovasi dan riset yang dikembangkan. 
“Begitupun dengan para petani Indonesia, perlu terus didorong agar maju. Baik  pada bidang pertanian, peternakan hingga perikanan,” kata Drs HM Gandung Pardiman MM di acara Bakti Inovasi Organisasi Riset (OR) Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) BRIN bersama DPR RI di Grha GPC Ponjong, Senin (4/10).
Kegiatan  Bakti Inovasi Teknologi Peternakan Ruminansia dan Perikanan Sistem Bioflok itu dihadiri Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Waket DPRD Heri Nugroho, Penanggung Jawab Program (PJP) Pangan Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Ir Soni Solistia W MEng, Pejabat Plt Kepala Pusat PTPP Dr Ir Budi Iskandar MForSc, muspika, lurah dan kelompok tani. 
 Melalui kerjasama dengan BRIN, ujar Gandung, maka hasil inovasi dapat diterapkan petani di lapangan. 
“ Oleh karena itu melalui kerjasama dengan BRIN, diharapkan nantinya petani akan semakin meningkat ekonominya,” ujar HM Gandung Pardiman MM yang juga Ketua DPD Golkar DIY ini.
Gandung optimistis hasil riset, inovasi dari BRIN ini akan mampu mendorong bagaimana bidang pertanian, perikanan, peternakan  semakin maju. 
“Jangan hanya disimpan sebagai jurnal.  Karena penerapan inovasi akan meningkatkan kesejahteraan atau ekonomi petani,” kata Drs HM Gandung Pardiman MM 
HM Gandung Pardiman MM juga mendorong berkembangan para petani millennial. Sehingga kalurahan ini akan menjadi pusat pertumbuhan. Baik untuk pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan kehidupan dalam meningkatkan kesejahteraan. 
Melalui upaya pendampingan dan dorongan bagi para petani dengan inovasi dan teknologi, maka sektor pertanian yang didalamnya terdapat peternakan, perikanan akan semakin berkembang pesat. 
“ Memang masyarakat perlu untuk diberikan bukti nyata. Tidak sekedar teori, namun sebuah keberhasilan dan nantinya tentu akan memberikan manfaat besar di bidang pertanian,” ucap HM Gandung Pardiman MM yang memiliki Slogan Ikhlas Beramal, Ikhlas Berjuan dan Peduli Sesama ini.
Dalam kesempatan tersebut diserahkan 2 unit Alat Inovasi Chopper CM 500 untuk pencacah rumput, hijauan, penepung tongkol jagung dan pengurai kompos. 
Selain itu pakan ternak, benih, bibit hijauan, pakan nutrisi, bioflok set terpal, benih ikan unggul dan pakan ikan. Penanggung Jawab Program (PJP) Pangan Kesehatan BRIN Dr Ir Soni Solistia W MEng menambahkan, bakti inovasi ini untuk meningkatkan produktifitas usaha peternakan dan perikana di Gunungkidul. “ Sehingga mendukung program nasional dalam kemandirian kebutuhan protein hewani masyarakat,” imbuhnya.
Bupati Gunungkidul H Sunaryanta memberikan apresiasi kepada Anggota DPR RI HM Gandung Pardiman MM bersama BRIN, karena telah membawa program inovasi teknologi untuk masyarakat di Gunungkidul. Tentunya ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah, yang salah satunya juga untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan. Pengembangan sektor pertanian, peternakan, perikanan agar kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. (Ian/Dho)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.