Sukses Digelar, Muswil PAN DIY Putuskan Pengurus Baru 2020-2025
Sukses Digelar, Muswil PAN DIY Putuskan Pengurus Baru 2020-2025

Sukses Digelar, Muswil PAN DIY Putuskan Pengurus Baru 2020-2025




JOGJAGRID.COM : Perhelatan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN) DIY yang digelar di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Rabu (30/12) sukses berjalan lancar.

Agenda tersebut dihadiri oleh Wasekjen PAN Ahmad Johan, Ketua DPP PAN Sigit Purnomo Said, Ketua POK DPP PAN DIY Mumtaz Rais, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Bupati Kulon Progo Sutedjo, Bupati Bantul Terpilih Abdul Halim Muslih, dan kader-kader PAN. Sementara, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengikuti agenda tersebut secara daring.

Muswil itu melahirkan kepengurusan baru periode 2020-2025. Terpilih Ketua Suharwanta atau akrab disapa Harwanta, Sekretaris Indaruwanto Eko Cahyono dan Bendahara oleh Arif Kurniawan.

Mekanisme pengambilan keputusan Muswil ke-5 PAN DIY melalui musyawarah mufakat. 

Pada awalnya penjaringan sebanyak 12 nama calon formatur, kemudian diretas menjadi empat nama namun oleh DPP dilakukan perubahan dari empat nama menjadi enam nama.

“Jadi, tadi dari semua yang mendaftarkan itu diajukan ke DPP, kemudian dilakukan verifikasi, lalu dikembalikan ke forum Muswil untuk calon formatur sejumlah enam orang, ” kata Ndaru.

Dari keenam orang dibawa oleh DPP kemudian diumumkan di forum Muswil untuk dimintakan persetujuan peserta sidang. 

“Ditanyakan ke seluruh peserta apakah disetujui. Akhirnya disetujui oleh peserta muswil untuk enam orang formatur, ” ucap anggota DPRD Kota Jogja, itu.

Ke enam orang itu adalah Suharwanta, Indaruwanto Eko Cahyono, Arif Kurniawan, Heroe Purwadi, Sugeng Nurmanto dan Affan Baskara. 

Enam orang itu kemudian melakukan musyawarah mufakat hingga akhirnya menunjuk posisi Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Untuk tiga nama lainnya belum dipastikan.

“Kemudian enam orang formatur itu rapat untuk menentukan Ketua formatur.

Di situ disetujui dengan cara musyawarah menunjuk Pak Suharwanto menjadi ketua formatur, setelah disetujui di rapat formatur tersebut lalu nama-nama itu dikirim ke DPP, ” terang dia.

Sementara Harwanta sendiri menyatakan kesiapannya melaksanakan amanah Muswil ke-5 PAN DIY. 

“Juga akan menjalankan program- partai untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat DIY,” terang politisi asal Daerah Pemilihan Bantul Timur, itu.

Dua hari menjelang Muswil ke-5 PAN DIY, Rabu (28/12) kemarin, Harwanta yang juga menjadi Ketua Steering Committee (SC), sudah menabuh optimisme di tubuh PAN. 

Kendati PAN saat ini telah ditinggalkan Amien Rais namun PAN telah memiliki pengalaman banyak karena sudah berkiprah 20 tahun.
“Kita tetap optimistis. Patah satu tumbuh seribu. Jadi tetap optimis. Sudah 20 tahun lalu sudah banyak pengalaman. Sudah belajar banyak bagaimana kerja kerja politik,” ucap dia. (Arifin)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.