Temu Parpol Seluruh Dunia, Muhaimin: Forum Eurasia Penting
Temu Parpol Seluruh Dunia, Muhaimin: Forum Eurasia Penting

Temu Parpol Seluruh Dunia, Muhaimin: Forum Eurasia Penting


JOGJAGRID.COM: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi tuan rumah Executive Committee Meeting Pimpinan Partai Politik (Parpol) dari seluruh dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI). 

Pertemuan antara pimpinan partai politik, tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di dunia akan berkumpul dalam Forum Eurasia CDI di Hotel Hyatt Regency di Yogyakarta, pada 23-25 Januari 2020, akan membahas peluang dan tantangan yang muncul dari bergulirnya proses pembentukan tata dunia baru yang kemungkinan akan menjadikan Eurasia –perpaduan Eropa dan Asia menjadi satu "benua super" sebagai titik-tumpunya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar, menilai forum Eurasia merupakan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para pemimpin dunia untuk membentuk aliansi abad ke-21. 

"Berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan universal yang dimiliki bersama yang mendasari tradisi agama dan budaya masing-masing. Aliansi semacam itu dapat membantu memastikan bahwa, ketika pusat gravitasi ekonomi dunia bergeser menuju Eurasia, kompetisi geopolitik yang menyertai transisi ini dapat dinavigasi dengan lebih damai, dan tidak berakhir dengan bencana," ujar politisi yang akrab dipanggil Gus Muhaimin Kamis (23/1).

Sementara itu, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, K.H. Yahya Cholil Staquf sebagai salag satu pendiri gerakan Humanitarian Islam global dan Duta PKB kepada CDI, menilai bahwa Forum Eurasia CDI menandai potensi perkembangan geopolitik yang sangat penting. 

"Banyak pemimpin global yang akan berkumpul di Yogyakarta telah mulai mengartikulasikan, dan mengadopsi, elemen-elemen kunci dari agenda kemanusiaan bersama yang berakar pada nilai-nilai universal, serta prinsip-prinsip spiritual dan filosofis yang diperoleh dari tradisi Yahudi-Kristen dan Islam. Forum Eurasia CDI akan menyediakan tempat yang unik bagi para pemimpin dunia untuk memperkuat aliansi peradaban yang baru lahir ini," ujarnya. 

Sebagai informasi, PKB merupakan satu-satunya partai yang tergabung dalam CDI. CDI Yang merupakan wadah dari organisasi yang mewadahi partai-partai berhaluan tengah dari seluruh dunia. Tercatat sudah ada 151 partai bergabung ke dalam CDI. Di Eropa, partai-partai anggota CDI berhasil memimpin politik di berbagai negara, seperti Jerman, Austria, Belgia dan negara lainnya. (Juli)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.