-->
Pakar Ungkap Pentingnya Pembekalan Bagi Ortu Hadapi Fase Sekolah Anak
Pakar Ungkap Pentingnya Pembekalan Bagi Ortu Hadapi Fase Sekolah Anak

Pakar Ungkap Pentingnya Pembekalan Bagi Ortu Hadapi Fase Sekolah Anak

JOGJAGRID.COM: Pakar parenting, Abah Ihsan, mengungkapkan, pembekalan orang tua dalam menghadapi fase sekolah sang anak sangat penting. Diantaranya menyiapkan fisik dengan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan anak. Mempersiapkan fisik anak artinya memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak.

"Asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral, yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal. Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak," paparnya dalam rangkaian kegiatan Dancow Siap Sekolah ke 1.860 ibu di wilayah di Kudus dan Pati pada 27 September-5 Oktober 2019.

Selain mempersiapkan nutrisi untuk kesiapan fisik sang anak, orang tua juga harus menyiapkan semangat si buah hati untuk siap sekolah. Semangat pada anak berarti sang anak terlibat penuh dalam segala aktivitasnya baik secara fisik, mental, dan psikis.

Anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik dan mental. Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah. Manfaat sekolah bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat, dan semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong semangat anak, seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan merayakan setiap keberhasilan. Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri.

"Karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak," ujarnya.

Usia sekolah merupakan tahap perkembangan baru bagi seorang anak. Saat memasuki sekolah dasar, ada banyak hal yang berubah dalam kehidupannya. Mulai dari waktu sekolah yang teratur dan semakin panjang, mata pelajaran yang semakin padat, dan pengaruh sosial lingkungan yang meningkat.

Menghadapi perubahan itu, modul “Semangat Meraih Prestasi” bisa jadi alternatif pembelajaran. Salah satunya melalui penyelenggaraan rangkaian kegiatan Dancow Siap Sekolah ke 1.860 ibu di wilayah di Kudus dan Pati. Kegiatan ini digelar untuk memberikan pengetahuan secara langsung kepada ibu mengenai nutrisi dan pola parenting saat ini.

"Para ibu akan dibekali pentingnya kecukupan nutrisi serta tips agar anak selalu semangat untuk bersekolah. Selain itu, ada Kids Class yang merupakan kegiatan belajar dan bermain untuk mengasah stimulasi anak dalam hal eksplorasi dan menumbuhkan jiwa semangat sekolah," ungkap Business Executive Officer Dairy Nestlé, Windy Cahyaning Wulan disela acara.

Kegiatan tersebut, menurut Windy menjadi salah satu wujud komitmen mendukung anak Indonesia untuk menjadi sehat dan cerdas. Yakni dengan mengedukasi orang tua agar dapat memberikan dukungan penuh untuk si buah hati siap sekolah dan meraih prestasi.

Selain itu membantu memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia agar siap sekolah. Dengan demikian akan terwujud anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berprestasi.

"Salah satunya dengan menghadirkan modul parenting mengenai Semangat Meraih Prestasi bagi anak-anak yang memasuki fase sekolah di usia 4 - 12 tahun,” jelasnya. (Prima Setia)
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.